Dalam melakukan Kaizen digunakan metode berfikir PDCA (Plan Do Check Action).
Metode ini sudah sering digunakan terutama untuk mengarahkan perbaikan agar sesuai dengan kaidah berfikir yang tepat/ tidak jump to conclusion (mencari solusi tanpa membuktikan terlebih dahulu).
Didalam Kaizen sendiri ada beberapa wadah perbaikan yang disediakan, yakni wadah perbaikan secara individu & wadah perbaikan secara kelompok yang biasa disebut dengan SS (Sumbang Saran)/ PPS (Practical Problem Solving) & QCC (Quality Control Circle) / QCP (Quality Control Project).
Dibeberapa perusahaan wadah improvement ini dibagi berdasarkan level/ golongan karyawan mulai dari golongan front line/ staff, supervisor/ officer, managerial, bahkan level top management (Gb dibawah).
Sehingga penerapan dari aktivitas improvement secara menyeluruh, agar aktivitas Kaizen ini memang menjadi budaya/ culture di suatu perusahaan.
Kunci utama dari aktivitas ini adalah komitment dari Top Management untuk senantiasa mendukung & memfasilitasi penyelengaraan Kaizen.
Karena didalam aktivitas ini akan dituntut untuk penyediaan waktu, biaya, alokasi orang, dll.
Salam,
Penulis