Tips & Trik Sukses Mengimplementasikan QCC

Untuk bisa mengimplementasikan QCC maupun Kaizen didalam suatu perusahaan menurut pengalaman saya dibutuhkan beberapa syarat yakni:

1. Komitmen dari perusahaan
Komitmen dari perusahaan terutama dari jajaran direksi sangatlah diperlukan untuk bisa menjalankan aktivitas QCC ini, mengapa demikian?? karena aktivitas QCC ini membutuhkan tenaga & pemikiran ekstra untuk menjalankannya, dan sebagian orang akan mengangap QCC ini hanyalah menjadi beban pekerjaan belaka (ini hanya diawal saja dan pasti akan terjadi). maka dari itu sangat penting bagi seorang fasilitator dalam QCC untuk mendapatkan "power" dari atasannya untuk menggerakkan team QCC.
 2. Adanya komite
Apa yang dimaksud dengan komite? komite adalah susunan organisasi secara non formal yang dengan suka rela memonitoring, mengawasi, serta mengevaluasi program QCC ini. Adapun susunannya yakni ketua, sekertaris, team training, team monitoring, team promosi program.
3. Adanya motor penggerak (koordinator QCC)
Dalam mengimplementasikan QCC ini dibutuhkan satu orang yang benar-benar memahami secara mendetail bagaimana menjalankan aktifitas QCC. ini sangat penting karena disini adalah motor penggeraknya, ibarat motor seorang koordinator QCC adalah sebagai bensinnya. tapi koordinator QCC juga tidak akan bisa berbuat banyak kalau tidak didukung oleh beberapa orang anggota, karena mereka saling ada keterikatan.



4. Pemberian Reward / Hadiah
Untuk mengajak orang melakukan sesuatu, terkadang kita memang harus memberikan "iming-iming" atau hadiah agar mereka lebih termotivasi untuk mengikuti aktifitas QCC ini. Bahkan ada satu perusahaan yang rela mengeluarkan uang hingga 20 juta untuk juara I lomba kompetisi QCC! ini sungguh suatu apresiasi dan komitmen dari perusahaan terhadap suatu program untuk menumbuh kembangkan budaya improvement.


Mau contoh makalah QCC?

๐Ÿ‘‰ Klik link berikut 


SHARE THIS
Posting Sebelumnya
Posting Berikutnya