Persyaratan ISO 9000

Syarat ISO 9000
Bagian ini menjelaskan ringkas fitur penting dari keluarga ISO 9000.
Standar keluarga ISO 9000 merupakan konsensus internasional mengenai praktek-praktek manajemen mutu yang baik. Ini terdiri dari standar dan pedoman yang berkaitan dengan sistem manajemen mutu dan standar pendukung terkait.
ISO 9001:2008 adalah standar yang menyediakan satu set persyaratan standar untuk sistem manajemen mutu, terlepas dari apa yang digunakan suatu organisasi, baik ukuran, atau apakah itu di sektor swasta, atau publik. Ini adalah satu-satunya standar dalam keluarga terhadap organisasi yang dapat disertifikasi - meskipun sertifikasi bukan merupakan persyaratan wajib standar.
Standar lain di dalam keluarga mencakup aspek-aspek tertentu seperti fundamental dan kosa kata, peningkatan kinerja, dokumentasi, pelatihan, dan aspek keuangan dan ekonomi.

Mengapa suatu organisasi harus menerapkan ISO 9001:2008?
Tanpa pelanggan yang puas, sebuah organisasi dalam bahaya! Untuk menjaga pelanggan yang puas, satu organisasi harus memenuhi kebutuhan mereka (pelangan). Standar ISO 9001:2008 memberikan kerangka yang telah dicoba dan diuji untuk mengambil pendekatan sistematis untuk mengelola proses organisasi sehingga mereka secara konsisten menghasilkan produk yang memuaskan harapan pelanggan.

Bagaimana model ISO 9001:2008 bekerja
Persyaratan untuk sistem kualitas telah standar - tapi banyak organisasi ingin menganggap diri mereka sebagai unik. Jadi bagaimana ISO 9001:2008 memungkinkan untuk menciptakan keragaman, di satu sisi, seorang "Mr dan Mrs" perusahaan, dan di sisi lain, untuk sebuah perusahaan manufaktur multinasional dengan komponen pelayanan, atau utilitas publik, atau administrasi pemerintahan.
Jawabannya adalah bahwa ISO 9001:2008 menetapkan persyaratan sistem mutu apa yang Anda harus penuhi, tetapi tidak mendikte bagaimana mereka harus dipenuhi dalam setiap organisasi tertentu. Dengan ruang lingkup yang besar dan fleksibilitas untuk implementasi di sektor bisnis yang berbeda dan budaya bisnis, serta dalam budaya nasional yang berbeda.
Memeriksa bahwa ia bekerja
Standar tersebut mengharuskan organisasi itu sendiri untuk audit ISO 9001:2008 berbasis sistem kualitas untuk memverifikasi bahwa itu adalah mengelola proses secara efektif - atau, dengan kata lain, untuk memeriksa bahwa itu sepenuhnya mengendalikan kegiatannya.

Selain itu, organisasi dapat mengundang klien untuk mengaudit sistem mutu dalam rangka untuk memberi mereka keyakinan bahwa organisasi mampu memberikan produk atau jasa yang akan memenuhi kebutuhan mereka.
Terakhir, organisasi dapat menggunakan jasa dari badan sertifikasi sistem mutu yang independen untuk memperoleh sertifikat standar ISO 9001:2008. Opsi terakhir ini telah terbukti sangat populer di pasar-karena kredibilitas dirasakan dari penilaian independen.

Sehingga organisasi dapat menghindari audit dari klien, atau mengurangi frekuensi atau durasi audit klien. Sertifikat ini juga dapat berfungsi sebagai referensi bisnis antara organisasi dan klien potensial, terutama ketika pemasok dan klien yang baru satu sama lain, atau jauh secara geografis, seperti dalam konteks ekspor.


SHARE THIS
Posting Sebelumnya
Posting Berikutnya