Select Language

Arabic English French German

Kaizen dan TQM

Total Quality Management (TQM)



Adalah suatu sistem yang memadukan pengembangan pemeliharaan, perbaikan mutu usaha secara menyeluruh untuk mencapai produksi pada tingkat yang paling ekonomis dan dapat memenuhi kepuasan pelanggan/ konsumen.
 
Dalam penerapannya, TQM membutuhkan partisipasi dari semua orang/ karyawan baik itu high level (jajaran direksi), mid level (jajaran supervisor & staff), maupun ujung tombak suatu perusahaan (operator maupun salesman)  dan melibatkan semua fungsi departemen yang ada di dalam suatu perusahaan yang artinya Total Keterlibatan semua karyawan & Direksi
Salah satu upaya mewujudkan Total Keterlibatan/ Partisipasi semua karyawan dalam ikut serta mengembangkan perusahaan adalah dengan menerapkan budaya Improvement/ Kaizen yang terstruktur.
Salah satu metode dalam menerapkan Kaizen adalah dengan wadah yang dinamakan:
QCP (Cross Control Project): improvement kelompok lintas departement
QCC (Quality Control Circle): improvement kelompok dalam satu bagian/ departemen
SS (Sumbang Saran): improvement secara perorangan

Jadi Kaizen adalah bagian dari Totalitas partisipasi didalam konsep TQM
Reaksi:

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India